Menu


Akademisi UGM Ini Beri Klarifikasi Terkait Kebenaran Soal Isu Ijazah Palsu Jokowi, Ternyata Nama Pembimbingnya…

Akademisi UGM Ini Beri Klarifikasi Terkait Kebenaran Soal Isu Ijazah Palsu Jokowi, Ternyata Nama Pembimbingnya…

Kredit Foto: Twitter @yudi_armanda

Konten Jatim, Jakarta -

Di tengah hiruk pikuk perihal isu ijazah palsu Jokowi, rupanya Akademisi Universitas Gadjah Mada (UGM) Agus Afianto sempat memberikan pernyataannya beberapa waktu lalu.

Dalam pernyataan tersebut, Agus membenarkan bahwa Jokowi adalah lulusan UGM asli, yakni lulusan dari Fakultas Kehutanan.

Tak hanya membenarkan bahwa Jokowi lulusan UGM, Peneliti Pertanian itu pun membeberkan fakta terkait dosen pembimbing dari Jokowi selaku alumnus UGM.

Baca Juga: Isu Ijazah Palsu Milik Jokowi Masih Bikin Geger Publik, Gibran: Percuma Bantah, Kalau Ngomong Sama Orang Nggak Waras

“Alhamdulilah saya tahu pembimbing akademik beliau itu adalah Prof. Achmad Soemitro. Prof. Achmad Soemitro itu saat ini kebetulan ruangannya saya pakai. Saya tahu, beliau adalah guru saya. Eyang guru tepatnya,” ucap Agus dalam sebuah podcast yang diunggah oleh akun @John_NKRI pada Senin (10/10/2022).

Selain menyebutkan nama pembimbing akademik dari Jokowi selama menggarap skripsi di UGM, Agus pun menyebutkan nama lain.

“Kemudian untuk pembimbing skripsinya dari Pak Jokowi itu dibimbing oleh Ir. Kasmudjo. Mas Mudjo itu teknologi hasil hutan,” jelasnya.

Tentu pernyataan ini memberikan klarifikasi terkait Dokter Tifauzia Tyassuma yang sering memojokkan Jokowi terkait isu ijazah palsunya.

Dokter Tifa pun sempat mengaitkan kepalsuan ini dengan nama pembimbing Jokowi yang terbilang aneh, yakni terdapat dua nama yang berbeda.

Baca Juga: Heboh soal Isu Ijazah Palsu, Video Lawas Ini Kuak Seperti Apa Masa Lalu Jokowi di UGM

Faktanya, dalam penyusunan skripsi sendiri umumnya ada dua pembimbing yang mendampingi mahasiswanya meskipun tak semua perguruan tinggi menerapkan itu.

Setelah dikonfirmasi langsung oleh Agus, sudah dapat dipastikan bahwa UGM menerapkan sistem dua dosen pendamping dalam penyusunan skripsi.

Khazanah Islam: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024



Berita Terkait