Menu


10 Perusahaan Raksasa Ini Diguncang Badai PHK, dari Google sampai McDonald’s

10 Perusahaan Raksasa Ini Diguncang Badai PHK, dari Google sampai McDonald’s

Kredit Foto: Freepik

Konten Jatim, Jakarta -

Sejumlah perusahaan kembali melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), contohnya Spotify, perusahaan platform audio streaming asal Stockholm, Swedia. Selain itu, termasuk pula perusahaan induk Google, Alphabet, sampai McDonald’s.

Hingga kini, total ada 22 ribu pekerja terdampak PHK dan diperkirakan akan terus berlanjut. Diprediksi, tren rekrutmen besar-besaran yang ramai dilakukan dua tahun terakhir pun akan terhenti.

Meski sempat terjadi perekrutan tinggi pada 2021, sejumlah sumber menyebut beberapa industri besar seperti perusahaan teknologi justru dilanda badai PHK karena ancaman resesi, suku bunga tinggi, sampai melemahnya permintaan yang membuat mereka harus berhemat.

Baca Juga: Isu Reshuffle Masih Bergulir, Mentan SYL Akui Tak Ada Masalah dengan Jokowi: Presiden Suruh Kita Kerja Habis-habisan

Berikut deretan 10 perusahaan raksasa yang terkena badai PHK berdasarkan data dari berbagai sumber:

1. Alphabet

Resesi yang menakutkan membuat banyak pengiklan mengerem pengeluaran mereka. Imbasnya, induk Google (GOOGL) ini memberhentikan 12 ribu orang di seluruh area dan wilayah atau 6 persen pekerja meski dulunya merekrut hingga 50 ribu karyawan selama pandemi.

2. Microsoft

Agaknya, Microsoft tak bisa mengabaikan ekonomi global yang melemah dan akhirnya memberhentikan 10 ribu karyawannya berdasarkan pengajuan sekuritas. Microsoft sendiri punya 221 ribu karyawan tetap secara global, dan 122 ribu di antaranya berbasis di Amerika Serikat (AS).

3. BlackRock

Baca Juga: Heboh Gegara Cak Nun Sebut Jokowi Firaun, Gibran: Jangan Sedikit-sedikit Lapor, Kayak Gak Ada Kerjaan Aja

Bahkan, Wall Street pun dilanda PHK massal hingga mesti mengurangi sekitar 500 pekerjaan, kurang dari 3 persen tenaga kerjanya. Ini sangat kontras dengan kondisi 2019 ketika jumlah staf justru meningkat sekitar 22 persen.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman