Menu


Calon Jemaah Haji Diimbau Tidak Perlu Khawatir Dengan Besaran Biaya Haji

Calon Jemaah Haji Diimbau Tidak Perlu Khawatir Dengan Besaran Biaya Haji

Kredit Foto: Pixabay

Konten Jatim, Jakarta -

MPR RI menyarankan calon jemaah haji tidak risau dengan biaya haji yang saat ini sedang menjadi isu.

"Mohon kepada seluruh calon jemaah haji yang akan berangkat tahun 2023 tidak perlu terlalu risau atau galau karena Komisi VIII DPR RI bersama pemerintah akan membahas secara detail. Insya Allah hasilnya kemungkinan besar tetap akan di bawah Rp69 juta," jelas Wakil Ketua MPR, Yandri Susanto, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Baca Juga: Soroti Usulan Kenaikan Biaya Haji, Ketua Umum Sapuhi: Rp69 Juta Itu Sudah Dihitung

Terkait kepastian berapa jumlah biaya yang harus dibayarkan jemaah nantinya diputuskan di tingkat panitia kerja dan akan dibawa ke Rapat Kerja Komisi VIII.

Menurut dia, angka Rp69 juta tersebut masih sebatas usulan dari Kementerian Agama dan belum menjadi keputusan tetap. Yandri menjelaskan, dirinya sebagai bagian dari Komisi VIII dan Panja Haji akan membahas secara detail dan transparan, sehingga nantinya keputusan terkait biaya haji tidak sampai memberatkan masyarakat.

"Kami harus berhitung agar uang haji atau uang yang dikelola Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) itu tetap sehat untuk keberlangsungan pelaksanaan ibadah haji di masa-masa yang akan datang," ujarnya.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Akurat.