Menu


Google Doodle Hari Ini: Adelaide Cabete, Pembela Hak Perempuan asal Portugal

Google Doodle Hari Ini: Adelaide Cabete, Pembela Hak Perempuan asal Portugal

Kredit Foto: Google Doodle

Konten Jatim, Depok -

Google Doodle hari ini pada Rabu (25/1/2023) merupakan 156 tahun hari kelahiran Adelaide Cabete, sosok wanita yang merupakan pembela hak perempuan dan kesetaraan gender asal Portugal.

Melansir laman Google Doodle, Adelaide Cabete merupakan Presiden Conselho Nacional das Mulheres Portuguesas atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “Dewan Nasional Wanita Portugal”. Dirinya lahir pada tanggal 25 Januari 1867 diElvas, Portugal. 

Baca Juga: Azab Pelaku Pelecehan Seksual Menurut Pandangan Buya Yahya

Sebagai seorang anak, Adelaide Cabete bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk membantu keluarganya bertahan hidup. Meskipun dia tidak punya waktu untuk pergi ke sekolah, dia masih belajar membaca dan menulis sendiri. 

Ketika berusia 23 tahun, dirinya menyelesaikan diploma sekolah menengah. Adelaide Cabete kemudian belajar kedokteran di Sekolah Medis-Bedah di Lisbon dan memperoleh gelarnya pada usia 33 tahun, menjadi wanita Portugal ketiga yang melakukannya. 

Baca Juga: Sejarah Bagaimana Kegiatan Maysir Sampai Bisa Diharamkan dalam Agama Islam

Tesisnya ketika lulus dari sekolah tersebut yakni mempromosikan perlindungan wanita hamil dan menganjurkan cuti hamil di Portugal.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman