Menu


Bila Kaesang Ingin Jadi Wali Kota Solo, Gibran Enggan Bantu

Bila Kaesang Ingin Jadi Wali Kota Solo, Gibran Enggan Bantu

Kredit Foto: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka/Dok JPNN

Konten Jatim, Jakarta -

Gibran Rakabuming mengaku tak ingin membantu Kaesang jika sang adik ingin menjadi Wali Kota Solo. Ia justru menyarankan Kaesang untuk bertandang ke Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. 

"Kalau Solo (Pilkada) Kaesang kon sowan Pak Rudy (Ketua DPC PDIP) sek no, lho penak to," kata Gibran usai groundbreaking, Rabu (25/1/2023).

Baca Juga: Gibran Bocorkan Langkah Politik Kaesang

Ditanya apakan ia akan menjembatani pertemuan antara Kaesang dengan Rudy FX, Gibran mengatakan enggan membantu. Menurut Gibran, Kaesang sudah dewasa dan bisa memutuskan bagaimana kedepannya.

"(nggak dibantu) Wis sunat, isoh mangkat dewe (sudah sunat bisa berangkat sendiri)," katanya. 

Disinggung ke mana Kaesang akan mendaratkan dirinya di partai? Gibran mengaku tidak ingin ikut campur. Ia menyerahkan keputusan tersebut kepada Putra bungsu presiden Jokowi tersebut.

"Kaesang aja yang memutuskan ya, beda partai boleh, sama jg boleh, independen boleh. (rekomendasi partai) semua bagus, tergantung dia (Kaesang mengko milih kota opo ya" katanya. 

Kendati demikian, Gibran menyarankan agar Kaesang memulai karir politiknya dari level bawah. "Ya dari level bawah dulu, mosok langsung Presiden. Bukan DPR, eksekutif," katanya

Gibran juga mengatakan bahwa secara modal, Kaesang itu sudah cukup. Hal tersebut dapat dilihat dari bagaimana Kaesang mampu mengelola Persis Solo. 

Baca Juga: Imbas Kaesang Mau Ikuti Jejaknya, Gibran Tak Mau Keluarganya Disebut Terapkan Dinasti Politik

"Intinya saya mendoakan yang terbaik untuk Kaesang ya. nanti penilaian warga seperti apa ya silahkan. Tapi sekali lagi, kaesang itu sudah pernah saya kasih tugas dan berjalan dengan baik. Persis, itu contone, itu portfolionya kaesang," katanya.

Selain itu, Gibran mengaku tidak takut lagi jika Kaesang akan menyaingi karir politiknya. Sebab ia pede akan ada di tingkat lebih tinggi daripada putra bungsu presiden Jokowi tersebut. "Akui pasti ndisiki munggah," jelasnya.

Khazanah Islam: Menuntut Ilmu adalah Bagian dari Ibadah, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Republika.