Menu


Keindahan Tumpak Sewu, Tumpukan 'Seribu' Air Terjun yang Manjakan Indra

Keindahan Tumpak Sewu, Tumpukan 'Seribu' Air Terjun yang Manjakan Indra

Kredit Foto: Instagram/Iver Paulsberg

Konten Jatim, Jakarta -

Jika paham bahasa Jawa, Anda pasti tahu arti dari “tumpak sewu”. Ya, nama air terjun di Lumajang ini punya arti bertumpuk-tumpuk hingga seribu. Namun, apakah air terjun Tumpak Sewu benar-benar bertumpuk seribu?

Air terjun Tumpak Sewu yang sumber airnya berasal dari mata air alam Gunung Semeru ini tak sampai bertumpuk seribu air terjun. Namun, benar adanya jika air terjun ini merupakan gabungan dari banyak air terjun yang membuatnya sangat tampak menakjubkan.

Tumpak Sewu yang juga dikenal sebagai Coban Sewu sendiri ialah air terjun berketinggian sekitar 120 meter, menurut Pergi Piknik. Air terjun ini berbatasan dengan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa timur.

Baca Juga: Pantai dengan Air Terjun? Pesona Lengkap di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Tepatnya, air terjun ini berada di antara dua desa, yakni Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, dan desa Sidorenggo, Kecamatan Ampel Gading.

Aliran air terjunnya membentuk serupa tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered. Lokasinya pun berada di lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Air terjun yang satu ini juga disebut mirip air terjun Niagara di Amerika Serikat. 

Wisata

Di Tumpak Sewu, terdapat 5 spot wisata yang bisa dinikmati. Jika diurut dari loket, urutan spot wisatanya adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Sejarah dan Mitos Air Terjun Coban Rondo, Saksi Bisu Dewi Jadi Janda karena Pertarungan

  1. Panorama Tumpak Sewu
  2. Bottom Waterfall
  3. Tebing Nirwana
  4. Telaga Biru
  5. Goa Tetes

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman