Menu


Simak Cara ke Air Terjun Tumpak Sewu: Rute Lengkap dan Penginapan

Simak Cara ke Air Terjun Tumpak Sewu: Rute Lengkap dan Penginapan

Kredit Foto: Instagram/FIK | Indonesia Landscape Photography

Konten Jatim, Jakarta -

Air terjun Tumpak Sewu layak jadi destinasi pilihan untuk berwisata alam di Kabupaten Lumajang-Kabupaten Malang. Dari namanya pun telah terungkap keunikan, yakni berarti bertumpuk-tumpuk sampai seribu. Bagaimana cara ke sana?

Tumpak Sewu menjadi salah satu air terjun di Lumajang, yang disebut sebagai Kota Seribu Goa. Keberadaan air terjun yang satu ini sendiri sudah sangat unik, yakni berbentuk serupa tirai dan mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Serikat (AS).

Lantas, bagaimana persisnya rute ke air terjun Tumpak Sewu?

Baca Juga: Pantai dengan Air Terjun? Pesona Lengkap di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Rute

Sesuai dengan lokasinya, air terjun yang satu ini bisa ditempuh melalui Kabupaten Lumajang maupun Kabupaten Malang. Adapun, jarak Tumpak Sewu dari pusat Kabupaten Lumajang ialah 53 km alias sekitar 2 jam perjalanan, menurut Native Indonesia. 

Sementara itu, jarak dari Kota Malang ialah sekitar 66 km dengan waktu tempuh lebih dari 2 jam. Rutenya, yakni melewati Kecamatan Bululawang, Kecamatan Dampit, Kecamatan Tirtomoyo, sampai Kecamatan Pronojiwo (perbatasan Lumajang dan Malang.

Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, kita akan melihat pintu masuk objek wisata air terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Jadi, bisa langsung parkir di tempat wisata.

Transportasi apa yang bisa digunakan?

Baca Juga: Sejarah dan Mitos Air Terjun Coban Rondo, Saksi Bisu Dewi Jadi Janda karena Pertarungan

Lokasi air terjun Tumpak Sewu cukup mudah dijangkau. Artinya, mengunjunginya cukup mungkin menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil. Meski begitu, bisa pula memakai kendaraan umum

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman