Menu


Wisata Sejarah di Candi Penataran Blitar, Menatap Masa Lampau dengan Cara ini

Wisata Sejarah di Candi Penataran Blitar, Menatap Masa Lampau dengan Cara ini

Kredit Foto: Instagram/Jelajah Blitar

Konten Jatim, Jakarta -

Candi Penataran atau Candi Palah sebagai nama aslinya ialah kompleks candi Hindu Siwaitis yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Menurut Jelajah Blitar, situs bersejarah ini ialah candi termegah dan terluas di Jawa Timur.

Pada relief dinding Candi Penataran, terdapat kisah Ramayana dengan tokoh Rama dan Shinta. Ada pula cerita Kresnayana yang tokohnya Krisna dan Rukmini.

Baca Juga: Sudah Pernah Ke Taman Nasional Baluran? Banyuwangi Rasa Afrika!

Prasasti Palah sendiri menerangkan bahwa “menandakan Kertajaya berbahagia dengan kenyataan tidak terjadi sirnanya empat penjuru dari bencana”. Rasa senang tersebut kemudian dicurahkan dengan perintah dibangunnya prasasti yang tertulis dalam sebuah linggapala oleh Mpu Amogeçwara atau disebut pula Mpu Talaluh. 

Bangunan tersebut difungsikan untuk menyembah Bathara Palah.

Dari penampakannya, candi ini sangat kental dengan nuansa sejarah dan tampilannya dapat membuat kita membayangkan masa jauh di waktu lampau. Pemandangan ini bahkan sudah dimulai sejak sambutan dari dua arca Dwarapala di pintu masuk yang seolah menyambut.

Setelahnya, akan langsung tampak hamparan rumput yang hijau dan rapi jika kita datang di musim hujan. Jika datang di musim kemarau, akan terlihat rerumputan yang mengering.

Baca Juga: 5 Pesona Air Terjun Madakaripura, Manjakan Mata dan Telinga Lewat Keindahan dan Nuansa Magis

Kemudian, ada sebuah bale agung yang merupakan sebuah pelataran di bagian depan. Kita bisa melewati anak tangga yang diapit arca Mahapala untuk naik ke bale agung ini. Lalu, akan terlihat pendopo teras yang agaknya berfungsi sebagai tempat sesaji saat upacara keagamaan, tak jauh dari bale agung.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman