Menu


Bukan Sengaja Diabaikan, Ternyata Ini Alasan Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun

Bukan Sengaja Diabaikan, Ternyata Ini Alasan Proyek Sodetan Ciliwung Mangkrak 6 Tahun

Kredit Foto: Tangkapan Layar

Konten Jatim, Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi sorotan usai memuji kinerja Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono yang kembali menggerakan proyek Sodetan Ciliwung.

Pasalnya, Menteri PUPR itu mengatakan bahwa proyek besar yang digadang-gadang mampu menanggulangi banjir itu telah mangkrak hingga enam tahun lamanya.

"Kalau itu konsisten dilakukan dari dulu pasti sudah berkurang (banjirnya) yang masalahnya kan tadi Pak Presiden bilang enam tahun nggak diapa-apain, normalisasi nggak diapa-apain, sodetan nggak diapa-apain," kata Basuki pada Selasa (24/01/2023).

Setelah ditelusuri, rupanya proyek gagasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta rupanya tak benar-benar mangkrak.

Baca Juga: Kisruh Panjang Proyek Sodetan Ciliwung: Digagas Era Jokowi, Tak Berjalan di Era Anies

Proyek itu tadinya sudah sempat berjalan sejak tahun 2013, tetapi pada tahun 2015 ada sejumlah warga yang mengajukan gugatan karena merasa adanya sosialisasi terkait jalannya proyek itu.

Warga yang menggugat sendiri merupakan warga yang tinggal di kawasan Bidara Cina dan akan terkena dampak dari penggusuran.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Buya Yahya: Jangan Tinggalkan Zikir Meski Tidak Khusyu

Tampilkan Semua Halaman