Menu


Survei: PKS dan Anies Tidak Bisa Terpisahkan

Survei: PKS dan Anies Tidak Bisa Terpisahkan

Kredit Foto: ROL/Havid Al Vizki

Konten Jatim, Jakarta -

Kunto Adi Wibowo, Ketua Lembaga Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI), mengatakan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan PKS saling membutuhkan di Pemilu 2024.

"PKS dan Anies tampak saling membutuhkan. Pada bagian lain survei didapatkan hasil mayoritas pemilih Anies yakni 18,4 persen adalah pemilih PKS," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca Juga: NasDem Ancam Koalisi Bubar, PKS: Kami Optimis, Tinggal Selangkah Lagi

Dengan demikian, menurut dia, apabila eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut tidak didukung PKS, potensi suara Anies akan hilang sebesar 18,4 persen.

Sebaliknya, PKS juga berpotensi kehilangan suara apabila tidak mendukung Anies Baswedan. Pasalnya, terdapat 34,2 persen pemilih partai tersebut menyatakan tidak akan memilih PKS jika tidak mengusung Anies Baswedan.

Survei opini publik menuju 2024 yang diselenggarakan Lembaga Survei KedaiKOPI pada akhir tahun 2022 itu juga mengungkapkan keterkaitan antara partai politik dan sejumlah nama yang digadang-gadang bakal maju di pemilihan presiden (pilpres).

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Republika.