Dicap Tidak Jelas Aturannya, Laksda TNI Ini Sebut Polisi Tidak Boleh Main Tangan

Dicap Tidak Jelas Aturannya, Laksda TNI Ini Sebut Polisi Tidak Boleh Main Tangan Kredit Foto: Sumber Bebas

Laksamada Muda TNI Soleman B. Ponto tekankan bahwa disiplin polisi harus merujuk kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), bukan pada militer.

Soleman menjelaskan bahwa aturan polisi tidak mengenal hukum Atasan yang Berhak Menghukum (Ankum). Oleh karena itu, tidak ada yang namanya tindak disiplin oleh atasan kepada bawahan.

“Yang dikenal itu adalah pejabat pengambil keputusan, pejabat yang berwenang menghukum. Tidak mengenal tindakan disiplin, yang ada adalah hukuman disiplin,” ujar Soleman dalam video yang diunggah di kanal Refly Harun pada Rabu (14/09/2022).

Baca Juga: PPATK Endus Dana Judi Online Mengalir ke Polisi, Mantan Petinggi Kopassus Ini Sebut Ada 2 Pihak Lainnya, Siapa Saja?

Mantan Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais) TNI tersebut mengatakan bahwa  tindakan disiplin hanya diatur di dalam militer.

“Saya boleh tempeleng ke sana-kemari karena kewenangan saya diberikan oleh undang-undang untuk tindakan disiplin, sedangkan polisi tidak ada undang-undang yang memberikan kewenangan,” jelasnya.

Selanjutnya
Halaman

Terkait

Terpopuler

Konten Jatim Discover

Terkini

Selengkapnya