Menu


Profil Anies Baswedan, Sosok Yang Erat Dikaitkan dengan Aksi 212

Profil Anies Baswedan, Sosok Yang Erat Dikaitkan dengan Aksi 212

Kredit Foto: ANTARA/Putu Indah Savitri

Konten Jatim, Depok -

Nama Anies Baswedan kerap disebut-sebut ketika Aksi 212 berlangsung. Di tahun ini saja, Anies Baswedan kembali menghiasi media pemberitaan karena namanya disebut-sebut tidak diundang ke Aksi 212 setelah sebelumnya sering menjadi tamu undangan.

Profil Anies Baswedan beserta rekam jejaknya yang sering dikaitkan dengan Aksi 212 ini tidak lepas dari cikal bakal aksi tahunan ini. Tahun 2017 lalu, Anies Baswedan bersama pasangannya Sandiaga Uno resmi diangkat menjadi Gubernur DKI Jakarta setelah mengalahkan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

Baca Juga: Latar Belakang Aksi 212 Yang Berlangsung Tiap 2 Desember, Berawal dari Ahok

Saat itu, Anies Baswedan dinilai memainkan politik identitas dan menggunakan isu SARA untuk memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Saat itu, dirinya dianggap memanfaatkan momentum Ahok yang terjerat pasal penistaan agama untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Pada tahun tersebut, banyak warganet yang mengaitkan kemenangan Anies Baswedan dengan Aksi 212 di tahun sebelumnya yakni tahun 2016. Itulah alasan mengapa namanya cukup sering dihubungkan dengan aksi tahunan tersebut meskipun tahun ini dia tidak diundang.

Baca Juga: Anies Baswedan Tidak Diundang di Reuni 212, Mantan 'Anak Buah' SBY: Sengaja untuk...

Selain itu, mengutip situs Kepustakaan Presiden di kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id pada Jumat (2/12/2022), rekam jejak politik pria kelahiran 7 Mei 1969 ini masih terbilang minim.

Khazanah Islam: Bagaimana Mengetahui Suatu Ajaran Sifatnya Sesat? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman