Menu


Posko Bencana Bakal Didirikan di Sejumlah Titik Rawan Banjir Bekasi, Warga Diimbau Turut Memantau

Posko Bencana Bakal Didirikan di Sejumlah Titik Rawan Banjir Bekasi, Warga Diimbau Turut Memantau

Kredit Foto: (Antara Foto/M Risyal Hidayat)

Konten Jatim, Surabaya -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mendirikan posko bencana di sejumlah wilayah potensi rawan banjir mengantisipasi tingginya intensitas hujan beberapa hari ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Muchlis mengatakan posko-posko itu didirikan untuk meminimalisir risiko saat terjadi banjir sekaligus bentuk kesiapsiagaan menghadapi beragam potensi bencana lain.

"Sudah kami dirikan posko bencana terutama di wilayah rawan banjir seperti di area Bantaran Sungai Citarum, Ciherang, dan Sungai Cibet. Saat ini kami juga terus melakukan monitoring ke lokasi-lokasi rawan itu," kata Muchlis.

Baca Juga: Bendungan Ciawi dan Sukamahi Siap Bulan Ini, Menteri PUPR Optimis Banjir di Jakarta Berkurang

Dia meminta masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai untuk turut aktif memantau kondisi ketinggian muka air mengingat intensitas hujan dapat mengakibatkan air sungai meluap hingga merendam permukiman warga.

"Apabila ada informasi air mulai naik atau banjir, masyarakat agar melakukan evakuasi mandiri dulu. Apabila kondisi banjir masif, tim BPBD akan turun ke lokasi untuk melakukan evakuasi," katanya.

Khazanah Islam: Sama-Sama Menyembelih Hewan, Berikut Perbedaan Qurban, Hadyu Dan Aqiqah

Tampilkan Semua Halaman

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Republika.