Menu


Di Mana Lokasi Gunung Semeru Yang Baru Mengalami Erupsi?

Di Mana Lokasi Gunung Semeru Yang Baru Mengalami Erupsi?

Kredit Foto: magma.esdm

Konten Jatim, Depok -

Gunung Semeru kembali erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik pada Minggu (4/12/2022). Akibatnya, masyarakat sekitar harus mengungsi karena bisa terancam terkena efek abu vulkanik serta awan panas jika memaksa untuk tinggal di sekitar gunung api ini.

Meletusnya Gunung Semeru ini bertepatan dengan satu tahun meletusnya gunung api ini. Gunung Semeru sempat mengalami erupsi di tanggal yang sama pada 2021 lalu.

Baca Juga: Kapan Saja Gunung Semeru Pernah Meletus? Simak Penjelasan Berikut

Perlu diketahui bahwa lokasi Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) di 222.bnpb.go.id, Gunung Semeru sendiri berada di antara beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Sementara posisi geografis Gunung Semeru terletak di antara 8°06' LS dan 112°55' BT.

Namun, abu vulkanik yang dikeluarkan oleh Gunung Semeru ini bisa mencapai 13 kilometer. Jadi, tidak hanya masyarakat sekitar Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang yang terdampak, melainkan juga masyarakat lain di sekitar Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: PVMBG Naikkan Status Gunung Semeru Menjadi Awas, Ribuan Warga Mengungsi

Erupsi Gunung Semeru membuat Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyatakan situasi tanggap darurat selama 2 minggu. Sampai saat artikel ini ditulis, Gunung Semeru memiliki status "Awas".

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman