Menu


Asal Usul Nama Gunung Semeru, Tempat Bersemayamnya Para Dewa

Asal Usul Nama Gunung Semeru, Tempat Bersemayamnya Para Dewa

Kredit Foto: Antara

Konten Jatim, Depok -

Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022). Sebelumnya, gunung api terbesar di Provinsi Jawa Timur ini mengalami erupsi tepat setahun silam di tanggal yang sama dan mengeluarkan awan panas serta abu vulkanik.

Peristiwa yang sama juga terjadi pada Minggu siang kemarin, membuat masyarakat sekitar Gunung Semeru harus mengungsi dari tempat tinggal mereka jika tidak ingin terkena dampak dari abu vulkanik maupun awan panas yang dikeluarkan gunung api ini.

Baca Juga: 7 Misteri Gunung Semeru Yang Bikin Merinding

Hingga saat artikel ini ditulis, status Gunung Semeru sudah ada di tahap "awas". Erupsi Gunung Semeru membuat Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyatakan situasi tanggap darurat selama 2 minggu. 

Sebagai salah satu gunung api paling aktif di Indonesia, Gunung Semeru kerap mengundang perhatian orang-orang mulai dari mereka yang ingin mempelajari serba-serbi terkait gunung api ini sampai mereka yang ingin pergi untuk mendakinya.

Baca Juga: Di Mana Lokasi Gunung Semeru Yang Baru Mengalami Erupsi?

Salah satu hal menarik terkait dengan gunung api ini adalah asal usul nama Gunung Semeru. Melansir suara.com pada Senin (5/12/2022), terdapat beberapa asal usul terkait nama yang dimiliki oleh Gunung Semeru.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Suara.com.