Menu


Selain Gunung Semeru, Berikut Daftar Gunung Api di Jawa Timur

Selain Gunung Semeru, Berikut Daftar Gunung Api di Jawa Timur

Kredit Foto: Antara

Konten Jatim, Depok -

Bencana gunung meletus kembali terjadi di Provinsi Jawa Timur setelah gunung api tertinggi di provinsi tersebut, Gunung Semeru, mengalami erupsi yang berlangsung pada Minggu (4/12/2022) siang.

Akibatnya, masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Semeru harus mengungsi karena khawatir terkena dampak abu vulkanik serta awan panas yang dikeluarkan oleh gunung api ini. Erupsi Gunung Semeru juga bertepatan dengan 1 tahun pasca meletusnya gunung api ini pada 2021.

Baca Juga: Asal Usul Nama Gunung Semeru, Tempat Bersemayamnya Para Dewa

Hingga artikel ini diterbitkan pada Senin (5/12/2022), status Gunung Semeru berada di posisi "Awas". Hal ini membuat Bupati Kabupaten Lumajang Thoriqul Haq menyatakan situasi tanggap darurat selama 2 minggu ke depan sampai situasi di sekitar gunung membaik.

Selain Gunung Semeru, masih ada lagi sejumlah gunung api di Provinsi Jawa Timur. Mayoritas gunung api ini memiliki status non-aktif. Namun, masih ada sejumlah gunung api di provinsi tersebut yang memiliki aktivitas vulkanik layaknya Gunung Semeru.

Baca Juga: 7 Misteri Gunung Semeru Yang Bikin Merinding

Di bawah ini, akan ada informasi mengenai semua gunung api di Provinsi Jawa Timur mulai dari lokasi, tinggi sampai dengan status keaktivan gunung api tersebut.

Khazanah Islam: Sama-Sama Menyembelih Hewan, Berikut Perbedaan Qurban, Hadyu Dan Aqiqah

Tampilkan Semua Halaman