Menu


7 Lokasi Menarik Yang Menggambarkan Keindahan Gunung Semeru

7 Lokasi Menarik Yang Menggambarkan Keindahan Gunung Semeru

Kredit Foto: Antara

Konten Jatim, Depok -

Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pada Minggu (4/12/2022) siang. Meletusnya gunung api tertinggi di Jawa Timur ini bertepatan dengan satu tahun setelah Gunung Semeru mengalami aktivitas vulkanik di tanggal yang sama tahun 2021 lalu.

Meletusnya Gunung Semeru membuat masyarakat Kabupaten Lumajang, khususnya mereka yang tinggal di sekitar gunung, harus mengungsi karena khawatir terkena dampak semburan awan panas dan abu vulkanik, yang terbang dan bisa mencapai 13 km jauhnya.

Baca Juga: Asal Usul Nama Gunung Semeru, Tempat Bersemayamnya Para Dewa

Meskipun merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia, ini tidak membuat masyarakat menjauhi Gunung Semeru. Justru, banyak orang-orang yang tertarik untuk berkunjung dan melihat langsung keindahan Gunung Semeru secara langsung.

Melansir suara.com pada Selasa (6/12/2022), setidaknya terdapat 7 lokasi di Gunung Semeru di mana wisatawan bisa melihat langsung keindahan gunung api ini. Berikut pemaparan lebih jelasnya.

Baca Juga: Kapan Saja Gunung Semeru Pernah Meletus? Simak Penjelasan Berikut

1. Kebun Teh Kertowono

Kebun Teh Kertowono merupakan kebun teh peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dikelola oleh PTPN. Kebun teh ini berada di Desa Gucialit dan sudah ada sejak tahun 1910, menghiasi pemandangan para pendaki Gunung Semeru.

2. Ranu Pani

Ranu Pani adalah danau yang berlokasikan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Desa Ranu Pani. Tempat ini acap kali didatangi oleh para pendaki Gunung Semeru untuk singgah sejenak, menikmati keindahan dan keasrian danau.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Suara.com.