Menu


Selain Khofifah Indar Parawansa, Berikut Daftar Gubernur Jawa Timur Sejak Zaman Kemerdekaan

Selain Khofifah Indar Parawansa, Berikut Daftar Gubernur Jawa Timur Sejak Zaman Kemerdekaan

Kredit Foto: Instagram @khofifah.ip

Konten Jatim, Depok -

Provinsi Jawa Timur saat ini dipimpin oleh sosok Khofifah Indar Parawansa selaku Gubernur Jawa Timur beserta wakilnya Emil Dardak. Keduanya diproyeksi akan memimpin Provinsi Jawa Timur sampai tahun 2023 mendatang.

Sebelumnya, pasangan Khofifah-Emil sendiri berhasil memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2018 silam, mengalahkan pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno dengan perolehan suara 10.465.218 suara atau 53,55i jumlah suara keseluruhan.

Baca Juga: Profil Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur Yang Sudah Malang Melintang di Dunia Politik

Khofifah Indar Parawansa sendiri merupakan Gubernur Jawa Timur ke-14 dalam sejarah Provinsi Jawa Timur. Sejak merdeka dari jeratan penjajah tahun 1945 silam, Provinsi Jawa Timur sudah dipimpin oleh 14 gubernur berbeda termasuk Khofifah Indar Parawansa.

Beberapa di antaranya menjabat sebanyak 2 periode atau sekitar 10 tahun. Selain itu, mayoritas dari Gubernur Jawa Timur ini merupakan pejabat atau orang militer yang tidak tergabung ke partai politik (Parpol) mana pun, dan ditunjuk langsung biasanya oleh Presiden.

Baca Juga: Daftar Nama Kota di Jawa Timur Beserta Jumlah Penduduk Dan Luas Wilayah

Di bawah ini, akan ada informasi mengenai daftar Gubernur Jawa Timur mulai dari masa kemerdekaan sampai saat ini beserta periode jabatan mereka.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Buya Yahya: Jangan Tinggalkan Zikir Meski Tidak Khusyu

Tampilkan Semua Halaman