Menu


Soroti 3 Besar Nama Bacapres di Survei Elektabilitas, Karim Suryadi: Itu Ghoib

Soroti 3 Besar Nama Bacapres di Survei Elektabilitas, Karim Suryadi: Itu Ghoib

Kredit Foto: Berita.upi.edu/Karim Suryadi

Konten Jatim, Jakarta -

Pakar Komunikasi Politik UPI Bandung Karim Suryadi menyebut bahwa tiga besar nama bakal calon presiden (capres) yang sering muncul dalam survei elektabilitas sebenarnya adalah gaib, pasalnya tidak diketahui atas dasar apa mereka bertengger di sana.

Karim menyebut, ketiga nama itu bertengger di tiga besar yakni bukan karena fakta kinerja atau keunggulan prestasi.

"Menurut saya salah satu kejutan yang mungkin adalah munculnya orang-orang yang sering disebut dalam survei itu, sebab menurut saya tiga besar yang disebut tadi itu ghoib juga gitu ya," ujar Karim dalam kanal YouTube Total Politik.

Baca Juga: Isu PKS Rujuk dengan Gerindra, Pengamat: Jika Itu Terjadi, Safari Politik dan Deklarasi Anies Tak Akan Ada Artinya

"Kenapa saya bilang ghoib, atas dasar apa mereka muncul gitu. Selain karena 3 besar itu selalu muncul dalam survei, meskipun dengan urutan yang berbeda," jelas dia.

"Jadi menurut saya, bukan fakta yang melambungkan mereka, bukan fakta kinerja, bukan fakta keunggulan prestasi bukan, tetapi karena mereka muncul di berbagai survei, maka itu memberikan daya persuasi, atau kata istilahnya tadi menghegemoni tadi," lanjutnya.

Khazanah Islam: Sama-Sama Menyembelih Hewan, Berikut Perbedaan Qurban, Hadyu Dan Aqiqah

Tampilkan Semua Halaman