Menu


Mengenal Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur Berjuluk Kota Pahlawan

Mengenal Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur Berjuluk Kota Pahlawan

Kredit Foto: Unsplash

Konten Jatim, Depok -

Kota Surabaya merupakan Ibu Kota dari Provinsi Jawa Timur. Terdapat banyak sekali hal menarik yang bisa dibahas mengenai kota berjuluk "Kota Pahlawan" ini, mulai dari sejarah, lokasi wisata sampai dengan kehidupan masyarakat kota ini. 

Melansir situs Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya di situs www.surabaya.go.id pada Kamis (8/12/2022), sebagai salah satu kota terbesar di Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya mendapatkan orang-orang dari luar kota untuk bekerja di sana pada siang hari.

Baca Juga: Mengenal Jatim Park, Taman Rekreasi Favorit Masyarakat Jawa Timur

Tercatat penduduk asli Kota Surabaya mencapai sekitar 3 juta orang, dan jumlahnya akan bertambah menjadi 5 juta orang di siang hari. Penambahan jumlah ini dikarenakan orang-orang dari luar kota Surabaya datang untuk bekerja di sana. 

Terdapat alasan mengapa Kota Surabaya dijuluki sebagai "Kota Pahlawan". Julukan tersebut sebenarnya mengacu kepada semangat kepahlawanan dan memperingati pertempuran di Kota Surabaya melawan pasukan Inggris yang pernah terjadi pada 10 november 1945 silam. 

Baca Juga: Mengenal 5 Pakaian Adat Jawa Timur Yang Unik dan Menarik

Aksi heroik yang terjadi di Kota Surabaya ini dikenang dengan sebutan Pertempuran Surabaya. Tanggal tersebut juga dijadikan Hari Pahlawan Indonesia untuk memperingati jasa para pahlawan Indonesia yang gugur dalam proses memperjuangkan kemerdekaan negara. 

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Khalid Basalamah: Jangan Takut Tidak Dapat Rezeki, Allah Maha Pemberi

Tampilkan Semua Halaman