Menu


Mengapa Kota Surabaya Disebut Kota Pahlawan? Berawal dari Hal Ini

Mengapa Kota Surabaya Disebut Kota Pahlawan? Berawal dari Hal Ini

Kredit Foto: Unsplash

Konten Jatim, Depok -

Julukan Kota Pahlawan sudah sekian lama disematkan kepada Kota Surabaya. Namun, apa yang membuat Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini mendapatkan julukan istimewa tersebut?

Mengutip dari berbagai sumber pada Kamis (8/12/2022),  julukan Kota Pahlawan sebenarnya mengacu kepada salah satu pertempuran terbesar dari sekian banyak pertempuran di Indonesia yang terjadi pasca kemerdekaan.

Baca Juga: Mengenal Jatim Park, Taman Rekreasi Favorit Masyarakat Jawa Timur

Pertempuran yang dimaksud di sini adalah Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945. Terjadi di Kota Surabaya, pertempuran ini melibatkan orang-orang Kota Surabaya melawan aliansi Belanda dan Inggris.

Sejatinya, pertempuran ini sudah berlangsung sejak 27 Oktober 1945 pasca insiden baku tembak yang terjadi di Hotel Yamato, Kota Surabaya. Namun, setelah adanya gencatan senjata, pertempuran kembali meledak pada 10 November 1945.

Baca Juga: Mengenal 5 Pakaian Adat Jawa Timur Yang Unik dan Menarik

Hal ini terjadi karena Jenderal A.W.S. Mallaby tewas terbunuh dalam sebuah baku tembak. Ini menyebabkan kesalahpahaman antara Tentara Inggris dan mengakibatkan mereka mengultimatum penduduk Indonesia di Kota Surabaya untuk menyerahkan diri kepada Inggris.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman