Menu


Kota Malang, Kota Paris van East Java Yang Sejuk Dan Indah

Kota Malang, Kota Paris van East Java Yang Sejuk Dan Indah

Kredit Foto: Unsplash

Konten Jatim, Depok -

Provinsi Jawa Timur memiliki sejumlah kota dan kabupaten yang ikonik dan bersejarah. Selain Kota Surabaya yang memang merupakan kota dengan sejarah panjang dan dijuluki "Kota Pahlawan", kota bersejarah lain di Provinsi Jawa Timur adalah Kota Malang

Menyadur dari situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yakni www.malangkota.go.id pada Kamis (8/12/2022), sejarah Kota Malang dapat dikatakan tidak berbeda jauh dengan kota-kota lain di Indonesia. Kota Malang merupakan salah satu kota tertua yang dahulu merupakan bagian dari kolonialisasi Belanda. 

Baca Juga: Mengenal Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur Berjuluk Kota Pahlawan

Sempat diambil alih kedudukannya oleh Jepang pada 1942, Kota Malang baru menjadi bagian dari Indonesia seutuhnya pada September 1945. Bahkan setelahnya, Kota Malang sempat kembali diduduki oleh Belanda pada Juli 1947, sebelum akhirnya benar-benar lepas pada Maret 1948 oleh tentara Indonesia. 

Salah satu hal yang paling mencolok dari Kota Malang adalah julukannya yakni "Paris van East Java". Julukan tersebut kurang lebih dapat diartikan sebagai "Parisnya Jawa Timur". Dari mana Kota Malang mendapatkan julukan ini? 

Baca Juga: Mengapa Kota Surabaya Disebut Kota Pahlawan? Berawal dari Hal Ini

Julukan ini didapatkan dari beberapa alasan. Salah satunya adalah iklim Kota Malang yang sejuk dan pemandangannya yang indah. Hal ini dikarenakan posisi Kota Malang yang berada lebih tinggi dibandingkan kota atau kabupaten lain di Provinsi Jawa Timur, sehingga suhunya cenderung lebih rendah dan iklimnya lebih sejuk. 

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman