Menu


Julukan Paris van East Java untuk Kota Malang Ternyata Bermula dari Hal Ini

Julukan Paris van East Java untuk Kota Malang Ternyata Bermula dari Hal Ini

Kredit Foto: Republika/Rakhmawati

Konten Jatim, Depok -

Kota Malang merupakan salah satu kota yang cukup populer di Provinsi Jawa Timur. Kota ini mempunyai beberapa julukan mulai dari Kota Apel sampai dengan “Paris van East Java” atau bisa diterjemahkan secara kasar menjadi “Parisnya Jawa Timur”.

Disadur dari situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yakni www.malangkota.go.id pada Kamis (8/12/2022), terdapat beberapa alasan mengapa Kota Malang mendapatkan julukan Paris van East Java. Salah satunya adalah karena lokasinya yang indah dan iklimnya yang dingin dan sejuk.

Baca Juga: Mengenal Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur Berjuluk Kota Pahlawan

Perlu diketahui bahwa posisi Kota Malang berada lebih tinggi dibandingkan banyak kota atau kabupaten lain di Provinsi Jawa Timur, sehingga suhunya cenderung lebih rendah dan iklimnya lebih sejuk, membuat banyak orang yang betah berkunjung ke Kota Malang.

Namun, alasan lain mengapa Kota Malang mendapat julukan Paris van East Java tidak dapat dipungkiri karena banyaknya bangunan di Kota Malang yang merupakan peninggalan dari zaman kolonialisasi Belanda.

Baca Juga: Mengapa Kota Surabaya Disebut Kota Pahlawan? Berawal dari Hal Ini

Layaknya banyak kota atau kabupaten lain di Indonesia, Kota Malang memiliki sejarah yang cukup panjang dengan Belanda. Para penjajah kali pertama menduduki kota ini tahun 1767. Lambat laun mereka membangun banyak bangunan termasuk perumahan di Kota Malang.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman