Menu


Profil Kota Kediri, Kota Yang Indah Dan Bersejarah Berjuluk Kota Tahu

Profil Kota Kediri, Kota Yang Indah Dan Bersejarah Berjuluk Kota Tahu

Kredit Foto: Unsplash

Konten Jatim, Depok -

Kota Kediri merupakan kota terbesar ketiga di Provinsi Jawa Timur jika berbicara mengenai jumlah penduduk. Mengutip situs resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri di www.kedirikota.go.id pada Jumat (9/12/2022), Kota Kediri mempunyai 292.768 jiwa berdasarkan statistik 2018.

Dengan luas sebesar 67,2 km2, tandanya Kota Kediri mempunyai penduduk sekitar 4.356,7 jiwa per kilometer persegi. Para penduduk ini terbagi ke 17 kelurahan berbeda.

Baca Juga: Tarik Mundur Korupsi Bupati Bangkalan dalam 7 Tahun Terakhir

Mayoritas masyarakat Indonesia mengenal Kota Kediri dengan julukan "Kota Tahu". Julukan ini disematkan karena Kota Kediri merupakan produsen makanan "tahu takwa", jenis tahu yang terkenal akan cita rasa lezat serta tekstur kenyal dan lembut.

Asal mula produksi tahu ini konon dimulai sejak awal abad ke-20, di mana saat itu imigran dari Tiongkok mulai memproduksi makanan tahu dikarenakan dirinya mengetahui adanya kesamaan karakteristik antara air di Indonesia dan air di Tiongkok, sehingga dia yakin bisa memproduksi tahu sama dengan di kampung halamannya.

Baca Juga: Berapa Banyak Kasus Korupsi di Indonesia Tahun 2022? Simak Data Berikut

Selain tahunya, Kota Kediri juga dikenal sebagai salah satu kota bersejarah di Indonesia. Salah satu buktinya adalah peninggalan berupa artefak atau prasasti yang menunjukan adanya kerajaan yang dahulu pernah mendiami tanah Kediri.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman