Menu


Cak Nun Ungkap Pentingnya Menyayangi di Setiap Aspek Kehidupan: Dalam Urusan Birokrasi hingga Politik

Cak Nun Ungkap Pentingnya Menyayangi di Setiap Aspek Kehidupan: Dalam Urusan Birokrasi hingga Politik

Kredit Foto: CakNun.com

Konten Jatim, Jakarta -

Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun menekankan pentingnya prinsip saling menyayangi di setiap aspek kehidupan, termasuk dalam birokrasi, urusan politik, hingga dalam urusan pembangunan.

Lebih lanjut, ayah dari vokalis grup band Letto itu menyerukan untuk menyayangi makhluk-makhluk lain yang juga ciptaan Tuhan, seperti tumbuhan, hewan, tanah, dan lain sebagainya.

"Aku takon (tanya), supaya saling menyayangi itu yang diperlukan pertama menyayangi atau minta disayangi? Jadi yang harus Anda latih adalah kemampuan untuk menyayangi sesama, dari sesama manusia bahkan sesama makhluk, kepada hewan, kepada tumbuhan, kepada tanah, dan semuanya kita sayangi," ujarnya dalam kanal YouTube CakNun.com, dikutip Jumat (9/12).

Baca Juga: Episode Sinau Bareng Cak Nun: Pentingnya Cahaya Tuhan sebagai Pegangan Manusia Menjalani Kehidupan

"Jadi sayang menyayangi itu kita terjemahkan di dalam birokrasi, di dalam urusan politik, dalam urusan pembangunan, semua kita terapkan," tandasnya.

Tidak hanya itu, Cak Nun juga memberikan contoh kasih sayang sesama manusia, yakni kasih sayang ibu pada anak yang baru dilahirkannya.

"Pokoknya hidup itu nomer 1, kurikulum hidup adalah belajar menyayangi, dan caranya adalah belajar memaknai," paparnya.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman