Menu


Prestasi Meningkat, Emil Dardak Beberkan Jatim Menyumbang Hampir 7 Persen Pertumbuhan Ekonomi Negara-negara ASEAN

Prestasi Meningkat, Emil Dardak Beberkan Jatim Menyumbang Hampir 7 Persen Pertumbuhan Ekonomi Negara-negara ASEAN

Kredit Foto: Doc. Kominfo Jatim

Konten Jatim, Surabaya -

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menegaskan kontribusi pertumbuhan ekonomi Jawa Timur bagi negara-negara di ASEAN hampir mencapai 7 persen.  

"Dari seluruh perekonomian di kawasan ASEAN, Jatim menyumbang hampir 7 persen," ungkap Emil saat menghadiri gala dinner JCI East Java di Ballroom Sheraton hotel, Jumat (9/12/2022).

Kabar baik tersebut, kata Wagub Emil, didapatkan sepulangnya dari pertemuan bersama para pemimpin pemerintahan daerah se ASEAN di Phnom Phen, Kamboja beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Pemprov Jatim Resmi Naikkan UMK untuk Tahun 2023

Setelah pertemuan tersebut, dirinya menghitung-hitung bahwa ASEAN akan menjadi salah satu negara ekonomi gabungan terbesar keempat di dunia. 

Dengan demikian, lanjut Emil, berita bagusnya adalah di dalam ASEAN yang diproyeksikan pada tahun 2040 Indonesia akan menjadi top 4 besar, maka dipastikan setengah perekonomian ASEAN bertumpu dari Indonesia. 

"Setengahnya dari Indonesia maka kita bisa menjadi pemimpin di kawasan ASEAN," ujarnya. 

Melihat kondisi tersebut, setiap bertemu perwakilan dari negara asing, Wagub Emil acapkali mengatakan, mari menjadikan Jatim sebagai pintu gerbang menuju ASEAN.

Caranya, dengan merebut pasar-pasar ASEAN sebab saat ini merupakan posisi yang sangat strategis apalagi pasca pandemi Covid-19.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Khalid Basalamah: Jangan Takut Tidak Dapat Rezeki, Allah Maha Pemberi

Tampilkan Semua Halaman