Menu


Konsep Maiyah Yang Diusung Cak Nun, Penuh Kehangatan Dan Kebersamaan

Konsep Maiyah Yang Diusung Cak Nun, Penuh Kehangatan Dan Kebersamaan

Kredit Foto: CakNun.com

Konten Jatim, Depok -

Konsep Maiyah merupakan konsep yang diusung oleh Tokoh Muslim Intelektual, Emha Ainun Nadjib atau biasa disapa Cak Nun. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan Konsep Maiyah?

Menyadur dari berbagai sumber pada Selasa (13/12/2022), Maiyah dapat dideskripsikan sebagai cara Cak Nun untuk mengajarkan hal-hal berbau Agama Islam melalui berbagai media berbeda, yang tentunya bisa diikuti oleh kalangan umum tanpa memandang latar belakang.

Baca Juga: Peran Cak Nun dalam Lengsernya Soeharto Dan Reformasi 1998

Kendati demikian, konsep Maiyah sebenarnya tidak bisa didefinisikan semata dengan salah satu metode pengajaran, karena konsep ini pada dasarnya lebih luas dari itu.

Maiyah sendiri berasal dari Bahasa Arab "ma'a" yang memiliki arti bersama. Dan "maiyah" memiliki arti kebersamaan. Konsep ini mengusung keterbukaan, kebersamaan dan kehangatan dari orang-orang yang turut terlibat di dalamnya.

Baca Juga: Cak Nun: Kalau Gagal Usaha, Jangan Pergi ke Dukun atau Pesugihan

Meskipun umumnya lebih berfokus mengajarkan Agama Islam, kenyataannya Maiyah juga merupakan salah satu cara bagi Cak Nun untuk mengajarkan masyarakat luas terkait dengan berbagai topik berbeda. Topik dalam Maiyah bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Buya Yahya: Jangan Tinggalkan Zikir Meski Tidak Khusyu

Tampilkan Semua Halaman