Menu


Profil Amien Rais, Mantan Ketua Umum PAN Yang Hijrah ke Partai Ummat

Profil Amien Rais, Mantan Ketua Umum PAN Yang Hijrah ke Partai Ummat

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Depok -

Amien Rais merupakan politikus senior di Indonesia yang sudah pernah menjabat di berbagai posisi penting dalam pemerintahan Indonesia. Pria kelahiran Surakarta, 26 April 1944 ini tercatat memulai karir politiknya kali pertama pada tahun 1998.

Mengutip berbagai sumber pada Kamis (15/12/2022), pada saat itu Amien Rais mendirikan sebuah partai politik, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) bersama dengan sejumlah tokoh politik lain seperti Rizal Ramli, Goenawan Mohammad, Faisal Basri dan lainnya.

Baca Juga: Profil Partai Ummat Yang Dinyatakan Gagal Lolos ke Pemilu 2024

PAN melekat dengan citra politik Amien Rais. Dirinya merupakan Ketua Umum PAN pada periode Juni 1998 sampai April 2005, sebelum dirinya digantikan oleh Soetrisno Bachir. Bersama PAN, Amien Rais berhasil menjabat di beberapa posisi berbeda selama berada di PAN.

Dirinya berhasil menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) serta menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode Oktober 1999 sampai September 2004.

Baca Juga: Apa Yang Menjadi Perbedaan Gempa Tektonik dan Gempa Vulkanik?

Dalam periode tersebut, PAN yang terbilang partai baru mendapatkan hasil yang cukup baik dalam badan legislatif Indonesia. Tahun 2004, Amien Rais kali ini mencoba untuk mencalonkan diri menjadi Presiden Indonesia. Dirinya didampingi oleh Calon Wakil Presiden Siswono Hudo Yusodo.

Khazanah Islam: Sama-Sama Menyembelih Hewan, Berikut Perbedaan Qurban, Hadyu Dan Aqiqah

Tampilkan Semua Halaman