Menu


Kabupaten Lumajang, Kabupaten Berjuluk Kota Pisang Yang Penuh Sejarah

Kabupaten Lumajang, Kabupaten Berjuluk Kota Pisang Yang Penuh Sejarah

Kredit Foto: Unsplash

Konten Jatim, Depok -

Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten berjuluk Kota Pisang ini dapat dianggap sebagai salah satu kabupaten tertua di provinsi tersebut karena sejarahnya yang panjang.

Melansir situs resmi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang di situs www.lumajangkab.go.id pada Jumat (16/12/2022), Kabupaten Lumajang memiliki luas wilayah sebesar 1.790,90 km2, menjadikan kabupaten ini sebagai kabupaten terluas ke-7 di Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini: Hari Nasional Bahrain

Sementara berdasarkan statistik tahun 2016, jumlah penduduk Kabupaten Lumajang mencapai 1.104.759 jiwa, yang tersebar di 21 kecamatan berbeda. Dengan ini, kepadatan penduduk Kabupaten Lumajang berada di angka 616,9 jiwa per km2.

Tanggal 15 Desember diyakini menjadi hari lahir Kabupaten Lumajang. Hal ini diyakini oleh masyarakat-nya, didasarkan karena adanya sejumlah penemuan prasasti di kabupaten ini yang menyatakan bahwa di tanggal tersebut, telah dibentuk sebuah kerajaan di lokasi Kabupaten Lumajang sekarang.

Baca Juga: Ciri-ciri Orang Yang Jadi Tumbal Pesugihan Menurut KH Ahmad Zahro

Kerajaan yang dimaksud di sini adalah Kerajaan Lamajang, kerajaan yang dibentuk dan diresmikan oleh Raja Kertanegara dari Kerajaan Singasari. Kata "Lamajang" menjadi cikal bakal nama Kabupaten Lumajang yang diketahui masyarakat sekarang.

Khazanah Islam: Sama-Sama Menyembelih Hewan, Berikut Perbedaan Qurban, Hadyu Dan Aqiqah

Tampilkan Semua Halaman