Menu


Google Doodle Hari Ini: Judity Leyster, Pelukis Wanita Pendobrak Stigma

Google Doodle Hari Ini: Judity Leyster, Pelukis Wanita Pendobrak Stigma

Kredit Foto: Google

Konten Jatim, Depok -

Google Doodle hari ini, yakni Senin (19/12/2022) mengenang Judith Leyster, salah satu pelukis wanita legendaris yang berasal dari Belanda. Lebih spesifiknya, mengenang salah satu lukisan miliknya dengan tajuk "self-portrait" dirinya sendiri.

Yang dimaksud dengan self-portrait adalah apa yang seorang seniman pikirkan mengenai dirinya sendiri dan bagaimana dirinya menuangkan pemikirannya terkait dengan pribadinya ke dalam karya seni, seperti lukisan, pahatan, puisi dan sebagainya.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini: Hari Nasional Bahrain

Menghimpun dari berbagai sumber, lukisan self-portrait milik Judith Leyster diabadikan di sejumlah museum seni ternama di berbagai belahan dunia. Sebut saja the Frans Hals Museum, Haarlem, the Louvre, Paris, the National Gallery, London dan the National Gallery of Art, Washington DC.

Selain lukisan self-portrait, Judith Leyster juga mempunyai sejumlah karya lukisan lain yang cukup populer dan digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Contoh lukisan tersebut yaitu The Happy Couple, Serenade, Jolly Topper dan Merry Trio.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini: Semi Final Pesta Bola Dunia 2022 Qatar

Perlu diketahui bahwa Judith Leyster merupakan wanita yang lahir pada 28 Juli 1609 di Haarlem, Belanda. Tercatat bahwa di masa itu, tidak banyak pelukis wanita yang bisa meraih kesuksesan layaknya pria dalam dunia seni.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Buya Yahya: Jangan Tinggalkan Zikir Meski Tidak Khusyu

Tampilkan Semua Halaman