Menu


Episode Ngaji Bareng Cak Nun: Surga adalah Puncak Makrifat dari Softwarenya Manusia

Episode Ngaji Bareng Cak Nun: Surga adalah Puncak Makrifat dari Softwarenya Manusia

Kredit Foto: Instagram/Cak Nun

Konten Jatim, Jakarta -

Budayawan Emha Ainun Najib alias Cak Nun menyebut bahwa surga adalah puncak makrifat atau pengetahuan dari software yang dimiliki manusia.

Sosok yang juga akrab disapa Mbah Nun itu menyerukan kita untuk tidak memikirkan bahwa surga hanya dipenuhi oleh barang-barang yang sifatnya material.

"Surga itu 70 persen itu mengenai software-mu, tidak mengenai barange suwargo kuwi (tidak mengenai barangnya surga tersebut," ujarnya seperti yang diunggah di kanal YouTube Ngaji Bareng, dikutip Senin (19/12/2022).

Baca Juga: Episode Ngaji Bareng Cak Nun: Jagalah Kedekatan dengan Allah

"Jadi kamu jangan berpikir terlalu material, karena kamu besok bisa melihat sesuatu yang sekarang kamu nggak bisa melihat, besok kamu bisa mengolah sesuatu yang sekarang kamu tidak bisa mengolah, sekarang kamu berpikir bahwa kerikil itu ya meng (hanya) krikil, besok-besok kamu tahu bahwa kerikil itu sebenarnya memiliki fungsi yang luar biasa," tambahnya.

Lebih lanjut, ayah dari vokalis grup band Letto itu menyebut, perkembangan ilmu pengetahuan adalah bukti berkembangnya pengetahuan atau makrifat manusia.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman