Menu


Profil Refly Harun, Pengamat Politik Yang Suka Buat Pernyataan Menohok

Profil Refly Harun, Pengamat Politik Yang Suka Buat Pernyataan Menohok

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Depok -

Refly Harun merupakan sosok pakar politik yang kerap melontarkan pernyataan keras dan menohok dalam dunia perpolitikan Indonesia. Pemahamannya terkait politik dibarengi dengan latar belakangnya di bidang terkait.

Melansir beberapa sumber berbeda pada Senin (19/12/2022), Refly Harun merupakan Sarjana Hukum lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1995 dan Magister Ilmu Hukum Universitas Indonesia (UI) tahun 2002. Dirinya juga peraih gelar Meester in de Rechten (LL. M) di Universitas Notre Dame tahun 2005, Belanda.

Baca Juga: Misteri Gunung Padang Yang Sampai Sekarang Buat Orang Bingung

Dan gelar terakhir yang pria kelahiran Palembang, 26 Januari 1970 ini yaitu gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Andalas tahun 2016. Gelar pendidikan yang Refly Harun dapatkan juga berjalan beriringan dengan karirnya di sejumlah bidang.

Mantan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Hukum UGM periode 1991-1992 ini sempat bergabung bersama Media Group sebagai wartawan pada 1995, sebelum akhirnya mengundurkan diri untuk melanjutkan pendidikannya di UI.

Baca Juga: Gunung Padang, Situs Megalitikum Yang Menyimpan Banyak Misteri

Setelah lulus, Reffly Harun melanjutkan untuk bekerja sebagai Staf Ahli Mahkamah Konstitusi (MK) pada 2003 sampai 2007. Dirinya bahkan pernah ditunjuk oleh Mahfud MD, yang saat itu merupakan Ketua MK, untuk menjadi ketua tim Anti Mafia MK.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman