Menu


Mengenal Pulau Madura Yang Kaya Akan Budaya Dan Penuh Keindahan

Mengenal Pulau Madura Yang Kaya Akan Budaya Dan Penuh Keindahan

Kredit Foto: Screenshot Youtube Lively Rustaty via IG/sandiuno

Konten Jatim, Depok -

Pulau Madura merupakan salah satu pulau di Provinsi Jawa Timur yang terkenal memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya, sehingga menjadi salah satu lokasi yang menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal atau wisatawan asing.

Dihimpun dari berbagai sumber pada Senin (19/12/2022), Pulau Madura memiliki luas wilayah sebesar 5.379 km2, jumlah penduduk mencapai lebih dari 4 juta jiwa per statistik tahun 2021 dan tersebar di 4 kabupaten, yakni Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Dimulainya Operasi Trikora Untuk Merebut Irian Barat

Layaknya sejumlah kota maupun kabupaten lain di Provinsi Jawa Timur, Pulau Madura merupakan bagian dari kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang sempat menguasai wilayah tersebut. Pulau Madura sempat menjadi bagian dari Kerajaan Kediri, Kerajaan Singasari dan terakhir, Kerajaan Majapahit.

Pulau Madura juga tidak luput dari penjajahan Belanda. Mereka sempat dikuasai oleh VOC karena merupakan lokasi yang banyak memiliki rempah dan tanaman untuk diekspor ke Eropa. Per tahun 1920-an, Pulau Madura masuk ke dalam wilayah administrasi Jawa Timur.

Baca Juga: Deretan Tokoh Operasi Trikora, dari Soeharto sampai Benny Moerdani

Hingga saat ini, Pulau Madura sudah banyak dianggap masyarakat Indonesia sebagai salah satu pulau yang menarik untuk dikunjungi sebagai tempat wisata. Terdapat sejumlah seni, budaya dan lokasi pariwisata untuk didatangi.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman