Menu


Mengenal Kota Blitar, Kota Kelahiran Proklamator Kemerdekaan Indonesia

Mengenal Kota Blitar, Kota Kelahiran Proklamator Kemerdekaan Indonesia

Kredit Foto: iStock

Konten Jatim, Depok -

Kota Blitar dikenal oleh banyak masyarakat Indonesia dengan julukan "Kota Proklamator". Alasannya sederhana, karena Kota Blitar merupakan kota kelahiran Presiden pertama Indonesia yang dijuluki Sang Proklamator, yakni Soekarno.

Sempat ada perdebatan terkait tempat kelahiran Soekarno. Banyak sejarawan yang mengatakan bahwa Sang Proklamator lahir di Kota Surabaya, bukan Kota Blitar. Namun, masyarakat luas sudah terlanjur mengetahui bahwa Soekarno lahir di Kota Blitar.

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Dimulainya Operasi Trikora Untuk Merebut Irian Barat

Terlepas dari lokasi tempat kelahiran Soekarno yang sebenarnya, Kota Blitar sendiri pada dasarnya merupakan kota yang menarik dan penuh sejarah. Menghimpun berbagai sumber pada Selasa (20/12/2022), Kota Blitar juga memiliki julukan populer lain yakni Kota Patria.

Berdasarkan statistik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 2021, total penduduk Kota Blitar mencapai 158.123 jiwa. Dan dengan luas wilayah Kota Blitar yang mencapai 32,57 km2, kepadatan Kota Blitar setidaknya berada di angka 4.855 jiwa per km2.

Baca Juga: Deretan Tokoh Operasi Trikora, dari Soeharto sampai Benny Moerdani

Dan dengan luas tersebut, Kota Blitar dinyatakan sebagai wilayah terkecil kedua di Provinsi Jawa Timur setelah Kota Mojokerto, yang luasnya "hanya" mencapai "16,46" km2.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman