Menu


Sederet Julukan Kota Blitar: Ada Yang Tidak Sesuai Fakta

Sederet Julukan Kota Blitar: Ada Yang Tidak Sesuai Fakta

Kredit Foto: iStock

Konten Jatim, Depok -

Kota Blitar memiliki sejumlah julukan yang melekat di masyarakat. Julukan Kota Blitar yang paling umum terdengar oleh masyarakat adalah julukan-julukan yang berasal dari masa lampau. Julukan tersebut disematkan karena adanya peristiwa di masa lampau yang berlangsung di Kota Blitar.

Namun, ternyata ada julukan Kota Blitar yang sudah terlanjur diketahui masyarakat luas, namun tidak memiliki kebenaran fakta di dalamnya. Julukan mana yang dimaksud? Berikut julukan Kota Blitar dikutip dari beberapa sumber berbeda pada Selasa (20/12/2022).

Baca Juga: Di Mana Soekarno Lahir? Ternyata Bukan di Kota Blitar

Julukan Kota Blitar

1. Kota Proklamator

Kota Proklamator dapat dikatakan menjadi julukan Kota Blitar yang paling terkenal. Ini dikarenakan masyarakat mendapatkan informasi bahwa kota ini merupakan kota di mana Presiden Soekarno, Bapak Proklamator Indonesia, lahir dan tumbuh besar.

Namun, fakta tersebut mulai dibantah oleh sejumlah sejarawan. Terdapat sejumlah bukti kuat bahwa Soekarno tidak lahir di Kota Blitar, melainkan Kota Surabaya. Meskipun begitu, julukan Kota Proklamator untuk Kota Blitar nampaknya akan terus tertanam di pemikiran masyarakat luas.

Baca Juga: Mengenal Kota Blitar, Kota Kelahiran Proklamator Kemerdekaan Indonesia

2. Kota Patria

Kota Patria merupakan julukan Kota Blitar lain yang sering terdengar di telinga masyarakat. Namun, belum banyak yang mengetahui makna dari Kota Patria itu sendiri. Apa sebenarnya makna di balik julukan "Kota Patria" untuk Kota Blitar ini?

Khazanah Islam: Bagaimana Mengetahui Suatu Ajaran Sifatnya Sesat? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman