Menu


Kota Madiun, Kota Tempat Asal Pecel Terenak di Indonesia

Kota Madiun, Kota Tempat Asal Pecel Terenak di Indonesia

Kredit Foto: Unsplash

Konten Jatim, Depok -

Kota Madiun adalah kota terbesar ke-4 di Provinsi Jawa Timur, yang setelah dikutip dari beberapa sumber berbeda pada Selasa (20/12/2022), mempunyai luas sebesar 33,23 km2 dan memiliki jumlah penduduk mencapai 210.115 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020.

Kepadatan Kota Madiun mencapai 5.873/km2, menjadikan Kota Madiun sebagai kota terpadat ke-27 di Indonesia berdasarkan data BPS. Terdapat 3 kecamatan di Kota Madiun, di mana masing-masing kecamatan mempunyai 9 kelurahan di dalamnya.

Baca Juga: Profil KCIC, Perusahaan di Balik Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kota Madiun sendiri terkenal karena beberapa hal. Salah satunya adalah sebagai lokasi di mana kereta api diproduksi. Kereta api ini dibuat oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA sudah berdiri sejak jaman kolonialisme Belanda dan masih beroperasi sampai sekarang.

Selain itu, Kota Madiun juga dikenal dengan salah satu peristiwa sejarah besar di mana Partai Komunis Indonesia (PKI) memberontak pada 1948. Pemberontakan PKI ini dipimpin oleh tokoh Musso di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kota Madiun.

Baca Juga: Kenapa Dibangun Kereta Cepat Jakarta Bandung?

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu hal yang paling dikenal di Kota Madiun adalah makanan pecal atau pecel khas daerah tersebut bernama Pecel Madiun. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang menggemari Pecel Madiun dan menganggap ini merupakan varian pecel terenak di Indonesia.

Khazanah Islam: Sama-Sama Menyembelih Hewan, Berikut Perbedaan Qurban, Hadyu Dan Aqiqah

Tampilkan Semua Halaman