Menu


Mengungkap Kelezatan Pecel Madiun Yang Melegenda

Mengungkap Kelezatan Pecel Madiun Yang Melegenda

Kredit Foto: iStock

Konten Jatim, Depok -

Pecel Madiun adalah salah satu warisan kuliner dari Kota Madiun yang kepopulerannya sudah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia dan dapat dikatakan sebagai salah satu kuliner legendaris dari kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur tersebut.

Dikutip dari beberapa sumber berbeda pada Selasa (20/12/2022), pecal atau pecel sendiri merupakan jenis makanan yang berisikan sayur-sayuran didampingi dengan saus bumbu kacang. Masakan pecel bisa ditemukan di berbagai wilayah di Pulau Jawa.

Baca Juga: Kota Madiun, Kota Tempat Asal Pecel Terenak di Indonesia

Beberapa wilayah di Pulau Jawa mempunyai ciri khas pecel mereka tersendiri. Sebut saja pecel dari Provinsi Jawa Tengah seperti dari Yogyakarta atau Solo yang memiliki tekstur saus kacang yang lebih kental serta rasanya lebih manis. Apa yang membedakan Pecel Madiun dari pecel lainnya?

Salah satunya adalah rasa Pecel Madiun yang lebih pedas dan teksturnya lebih cair. Ini dianggap lebih cocok dengan lidah orang Indonesia pada umumnya, karena rasa pedas dalam sebuah hidangan lebih familiar dibandingkan dengan rasa manis.

Baca Juga: Di Mana Soekarno Lahir? Ternyata Bukan di Kota Blitar

Selain itu, variasi Pecel Madiun dengan jenis pecel lain, khususnya di Provinsi Jawa Tengah, juga berbeda. Pecel Solo misalnya, biasa disantap dengan variasi sayuran seperti kangkung, tauge dan kacang panjang rebus. Pecel Madiun, selain menyantap sayur-sayuran tersebut, juga menambah sayuran lain seperti kemangi, lamtoro dan kenikir rebus.

Khazanah Islam: Menuntut Ilmu adalah Bagian dari Ibadah, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman