Menu


Mengenal Bendungan Semantok, Bendungan ke-30 Yang Dibangun dalam Pemerintahan Jokowi

Mengenal Bendungan Semantok, Bendungan ke-30 Yang Dibangun dalam Pemerintahan Jokowi

Kredit Foto: Antara

Konten Jatim, Depok -

Bendungan Semantok merupakan bendungan yang terletak di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Bendungan ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi pada Selasa (20/12/2022). Lebih dari itu, ini merupakan bendungan ke-30 yang dibuat oleh Jokowi selama periode kepemimpinannya.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Sekretariat Kabinet di www.setkab.go.id yang dikutip pada Rabu (21/12/2022), Bendungan Semantok diharapkan bisa membawa sejumlah manfaat tidak hanya bagi masyarakat Kabupaten Nganjuk saja, melainkan juga warga Jawa Timur secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenapa Menag Yaqut Larang Pasang Tenda saat Natal?

Keberadaan Bendungan Semantok diharapkan bisa membawa keuntungan di sejumlah sektor seperti sektor pariwisata, sektor energi listrik dan yang paling penting, sektor pertanian. Sektor terakhir menjadi sektor yang secara khusus disinggung oleh Jokowi.

Jokowi berharap bahwa kesejahteraan petani di sekitar Jawa Timur bisa terangkat berkat adanya Bendungan Semantok. Terlebih, ketika mereka dihadapkan dengan situasi di mana sedang terjadi kekeringan sehingga kesulitan mendapat air.

Baca Juga: Apa Itu Siwak? Sunnah Membersihkan Gigi Anjuran Rasulullah SAW

Dengan daya tampung yang mencapai sekitar 32,6 juta meter kubik, disebutkan bahwa Bendungan Semantok bisa mengairi sawah dengan luas mencapai 1.900 hektare di Kabupaten Nganjuk dan wilayah lain di sekitarnya.

Khazanah Islam: Nasihat Ustadz Buya Yahya: Jangan Tinggalkan Zikir Meski Tidak Khusyu

Tampilkan Semua Halaman