Menu


Profil Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Yang Terkadang Buat Peraturan Kontroversial

Profil Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas Yang Terkadang Buat Peraturan Kontroversial

Kredit Foto: Instagram/Yaqut Cholil Qoumas

Konten Jatim, Depok -

Yaqut Cholil Qoumas adalah Menteri Agama (Menag) yang mulai menjabat pada Desember 2020 menggantikan Menag sebelumnya, Fachrul Razi, yang hanya menjabat selama setahun pasca dilantik pada Oktober 2019.

Disadur dari beberapa sumber pada Rabu (21/12/2022), pria yang juga biasa disapa Gus Yaqut ini memulai karir politiknya setelah bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001 silam. Dirinya juga dipercaya menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Rembang dari 2001 sampai 2014.

Baca Juga: Kenapa Menag Yaqut Larang Pasang Tenda saat Natal?

Bersama PKB, Gus Yaqut berhasil mendapatkan jabatan pertamanya dalam pemerintahan, yakni sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rembang periode 2004 sampai 2005, sebelum akhirnya mengundurkan diri dan menjadi Wakil Bupati Rembang tahun 2005 sampai 2010.

Pria asli Kabupaten Rembang yang lahir pada 4 Januari 1975 ini juga pernah menjabat sebagai DPR Jawa Tengah periode 2015 sampai 2020. Padahal, Gus Yaqut mengalami kegagalan dalam meraih kursi DPR pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Baca Juga: Apa Itu Tahnik? Sunnah Rasul Ketika Baru Punya Anak

Gus Yaqut dilantik menjadi Anggota DPR setelah anggota sebelumnya, Hanif Dhakiri dilantik menjadi Menteri Tenaga Kerja di Kabinet Kerja milik Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Dirinya menjadi Anggota DPR sampai tahun 2020 lalu.

Khazanah Islam: Bagaimana Cara Hindari Pengaruh Hedonisme? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman