Menu


Profil Luhut Binsar Pandjaitan Yang Sering Bikin Heboh

Profil Luhut Binsar Pandjaitan Yang Sering Bikin Heboh

Kredit Foto: Antara/Dok Kemenko Kemaritiman dan Investasi

Konten Jatim, Depok -

Luhut Binsar Pandjaitan merupakan politikus yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves). Sosok ini dapat dikatakan sudah malang melintang dalam jajaran pemerintahan Indonesia.

Melansir situs resmi Luhut Binsar Pandjaitan di www.luhutpandjaitan.id pada Kamis (22/12/2022), dirinya merupakan orang militer sebelum terjun ke politik seperti yang masyarakat lihat sekarang. Dirinya berkarir di TNI Angkatan Darat (AD) mulai dari 1970 sampai 1999.

Baca Juga: Apa Alasan Luhut Sebut OTT KPK Merusak Bangsa?

Sosok yang pernah mengenyam pendidikan di Cornell University, Amerika Serikat ini memiliki pangkat terakhir Jenderal Bintang Empat Korps Pasukan Khusus (Kopassus). Setelah mengundurkan diri dari Kopassus, Luhut Binsar Pandjaitan baru masuk ke badan pemerintahan.

Dalam kurun waktu 2 tahun, Luhut Binsar Pandjaitan sudah menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Singapura dari 1999 sampai 2000 dan menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada tahun 2000 sampai 2001. 

Baca Juga: Pro Kontra Pernyataan Luhut Soal Pengurangan OTT KPK

Diperlukan waktu beberapa lama sebelum akhirnya Luhut Binsar Pandjaitan kembali menjadi pejabat pemerintahan. Dalam kekosongannya itu, pria asli Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara ini bekerja di badan pemerintahan dan menjadi pengusaha.

Khazanah Islam: Bagaimana Mengetahui Suatu Ajaran Sifatnya Sesat? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman