Menu


Profil Andika Perkasa, Sosok Yang Digadang-gadang Akan Terjun ke Dunia Politik

Profil Andika Perkasa, Sosok Yang Digadang-gadang Akan Terjun ke Dunia Politik

Kredit Foto: Instagram/Andika Perkasa

Konten Jatim, Depok -

Muhammad Andika Perkasa atau sering disapa Andika Perkasa merupakan Mantan Panglima Tentara Nasionak Indonesia (TNI) yang mengumumkan pensiun pada Rabu (21/12/2022). Dirinya pernah menjabat sejumlah posisi penting di badan TNI.

Mengutip beberapa sumber berbeda pada Kamis (22/12/2022), pria kelahiran Bandung, 21 Desember 1964 ini lulus dari Akademi Militer (Akmil) tahun 1987. Tidak lama setelah bergabung dengan TNI Angkatan Darat (AD), Andika Perkasa tergabung dengan salah satu tentara elit di Indonesia, Korps Pasukan Khusus (Kopassus).

Baca Juga: Apa Itu TV Digital Yang Wajib Dipakai Masyarakat Indonesia Sekarang?

Perlahan tapi pasti, karir Andika Perkasa di dunia militer terus menanjak. Salah satu jabatan yang melambungkan nama Andika Perkasa adalah ketika dirinya dilantik menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden pada Oktober 2014 sampai Mei 2016.

Selanjutnya, pria yang mualaf ini diangkat menjadiPanglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura periode Mei 2016 sampai Januari 2018, dilantik menjadi Komandan Kodiklat TNI AD selama 7 bulan dari Januari 2018 sampai Juli 2018, dan menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat selama 5 bulan dari Juli 2018 sampai November 2018.

Baca Juga: Sempat Bikin Bingung, Ini Alasan Kenapa TV Analog Dihentikan

Pelantikan Andika Perkasa menjadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pada November 2018 menjadi awal mula Andika Perkasa masuk ke radar Panglima TNI. Karena, 3 tahun berselang, dirinya resmi dilantik menjadi Panglima TNI.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman