Profil Zulkifli Hasan, Calon Menteri Baru yang Diisukan Jadi The Next Menteri Perdagangan

Profil Zulkifli Hasan, Calon Menteri Baru yang Diisukan Jadi The Next Menteri Perdagangan Kredit Foto: Instagram/@zulkiflihasan

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, disebut-sebut salah satu tokoh yang akan mengisi posisi menteri pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju kali ini. 

Zulkifli Hasan juga ramai diisukan akan menggantikan posisi Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan. 

Kendati begitu, isu tersebut masih belum dipastikan karena masih menanti pengumuman resmi dari pihak Istana.

Lantas siapakah Zulkifli Hasan yang digadang-gadang akan menjadi Menteri baru Jokowi? 

Profil Zulkifli Hasan

Pemilik nama lengkap Zulkifli Hasan lahir di Provinsi Lampung pada 31 Agustus 1962. 

Zulkifli Hasan, lahir dari pasangan Hasan dan Siti Zaenab, keluarganya memperoleh penghidupan dengan bertani. 

Semasa kecilnya, dia hidup dalam kesulitan ekonomi di daerah Lampung Selatan, sejak itu dia pun sudah dididik untuk bekerja keras dengan berjualan telur.

Pendidikan

Zlkifli Hasan mengenyam pendidikan dimulai pada tahun 1969 di sekolah dasar di Desa Pisang, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan. 

Dia kemudian menyelesaikan jenjang Sekolah Dasar atau SD pada tahun 1975. Lalu dia melanjutkan pendidikannya ke jenjang Sekolah Menengah Pertama di PGAN (Pendidikan Guru Agama Negeri) Tanjung Karang.

Baca Juga: Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Makin Kencang, Prediksi 5 Posisi Menteri-menteri Ini Menguat, Simak Bocorannya

Setalah itu, Zulkifli Hasan menyelesaikan pendidikan menengah atas di SMA Negeri 53 Jakarta pada tahun 1982. 

Kemudian dia mengambil program sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1996.

Selanjutnya dia mengambil program pasca sarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada tahun 2003.

Karier Politik

Dia mengawali karier di dunia politik sebagai Ketua Lembaga Buruh Tani dan Nelayan PWM DKI pada tahun 2000 sampai tahun 2005.

Kemudian dia dipercaya untuk menjabat sebagai ketua Departemen Logistik di DPP PAN periode 2000-2005. 

Posisi itu yang akhirnya mengantar Zulkifli Hasan menjadi Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional di Dewan Perwakilan Rakyat RI. 

Pada tahun 2004 hingga 2009, dia berkiprah di parlemen sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari fraksi PAN.

Kemudiaan pada tahun 2005 hingga 2010 dia dipercaya untuk memegang jabatan internal sebagai Sekretaris Jenderal di Partai Amanat Nasional (PAN).

Tak hanya itu, pada 1 Maret 2015, Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 20152020, menggantikan Hatta Rajasa.

Karier politik Zulkifli Hasan di pemerintahan terus menanjak. Dia sempat menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) periode 2014-2019.

Di awal masa jabatannya sebagai Ketua MPR RI, ia mengemban tugas menyelenggarakan pelantikan presiden-wakil presiden di tengah situasi politik yang penuh ketegangan.

Baca Juga: Jokowi Dikabarkan Umumkan Reshuffle Kabinet Pada Rabu Besok, Ini Bocoran Menteri-menteri yang Diganti dan Dirotasi

Sebelumnya, Zulkifli Hasan menjabat sebagai Menteri Kehutanan Republik Indonesia menggantikan Malem Sambat Kaban, yaitu sejak 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014.

Diketahui selama menjabat sebagai Menteri Kehutanan, dia telah dua kali menerima gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) untuk bidang Administrasi Publik dari Sejong University (Korea) 

Kedua dari Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dari Universitas Negeri Semarang. []

Terkait

Terpopuler

Konten Jatim Discover

Terkini

Selengkapnya