Menu


Profil Surya Paloh, Ketum Partai NasDem Mantan Loyalis Partai Golkar

Profil Surya Paloh, Ketum Partai NasDem Mantan Loyalis Partai Golkar

Kredit Foto: Instagram/Surya Paloh

Konten Jatim, Depok -

Surya Paloh merupakan politikus yang saat ini tergabung ke dalam Partai Nasional Demokrat (NasDem). Dilansir dari sejumlah sumber berbeda pada Jumat (23/12/2022), Surya Paloh saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai NasDem.

Dirinya menjadi Ketua Umum Partai NasDem terhitung sejak Januari 2013 sampai artikel ini dipublikasikan. Surya Paloh menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Patrice Rio Capella.

Baca Juga: Profil Partai NasDem, Partai Yang Mempunyai Calon Presiden Terkuat?

Meskipun dikenal sebagai "pentolan" Partai NasDem, ternyata pria dengan nama lengkap Surya Dharma Paloh ini dahulu merupakan sosok yang cukup loyal di Partai Golongan Karya (Golkar). Dirinya berada di salah satu partai tertua di Indonesia ini selama puluhan tahun lamanya.

Lebih spesifik, Surya Paloh merupakan anggota Partai Golkar terhitung sejak 1968 sampai tahun 2011. Selama berada di Partai Golkar, Surya Paloh sempat menempati beberapa posisi penting seperti Koordinator Pemuda dan Pelajar pada Sekretariat serta Ketua Dewan Penasihat.

Baca Juga: 5 Manfaat Siwak Bagi Mulut Manusia. Apa Saja?

Tahun 2011, pria asli Banda Aceh ini mengundurkan diri dari Partai Golkar dan mendirikan Partai NasDem. Partai politik (Parpol) ini awalnya merupakan sebuah organisasi masyarakat (Ormas) sebelum akhirnya dideklarasikan menjadi Parpol pada 26 Juli 2011.

Khazanah Islam: Sama-Sama Menyembelih Hewan, Berikut Perbedaan Qurban, Hadyu Dan Aqiqah

Tampilkan Semua Halaman