Menu


Profil Muhammad Ali, KSAL Pilihan Jokowi Suksesor Yudo Margono

Profil Muhammad Ali, KSAL Pilihan Jokowi Suksesor Yudo Margono

Kredit Foto: Antara

Konten Jatim, Depok -

Muhammad Ali adalah perwira TNI Angkatan Laut (AL) yang saat ini menyandang pangkat Laksamana. Pada Rabu (28/12/2022), Muhammad Ali resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi menjadi Kepala Staf TNI AL (KSAL). 

Dirinya menggantikan Laksamana Yudo Margono, yang belum lama ini (19/12/2022) diangkat menjadi Panglima TNI. Disadur dari beberapa sumber berbeda pada Kamis (29/12/2022), Muhammad Ali memang merupakan nama yang cukup terkenal di TNI AL. 

Baca Juga: Daftar KSAL Sebelum Muhammad Ali Sejak Zaman Kemerdekaan Beserta Tahun Menjabatnya

Tercatat bahwa Muhammad Ali merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1989. Tidak lama setelah lulus, pria kelahiran Bandung, 9 April 1967 ini mendapatkan pangkat Letnan 2. Dirinya memerlukan waktu sekitar 6 tahun untuk naik pangkat menjadi Kapten. 

Perlahan tapi pasti, karir Muhammad Ali di militer kian menanjak. Tahun 2009, dirinya mendapatkan pangkat Kolonel. 3 tahun berselang, Muhammad Ali dilirik oleh Wakil Presiden saat itu, Boediono, untuk menjadi ajudannya sampai jabatannya paripurna di tahun 2014.

Baca Juga: Apa Tugas Penting Yang Diberikan Jokowi Untuk KSAL Muhammad Ali?

Memasuki tahun 2018, pria yang memiliki gelar Magister Manajemen ini sudah memiliki pangkat Laksamana Muda. Muhammad Ali sendiri didapuk menjadi Gubernur Akademi Angkatan Laut terhitung sejak September 2018 sampai Januari 2019.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman