Menu


Landscape Sempurna dan Murah Pantai Klayar Menanti, Perjalanan Berkesan dengan Rute Ini

Landscape Sempurna dan Murah Pantai Klayar Menanti, Perjalanan Berkesan dengan Rute Ini

Kredit Foto: Instagram/Pantai Klayar Pacitan official

Konten Jatim, Jakarta -

Air laut tampak biru, ombak begitu besar, bibir pantai penuh tumbuhan pohon kelapa dan gubug-gubug beratap daun kering, karang-karang yang begitu terawat dengan alami di wilayah pasang surut. Suasana-suasana ini dapat diperoleh dan dinikmati di Pantai Klayar, Pacitan. 

Mengutip berbagai sumber, pantai yang satu ini memang tak memperbolehkan pengunjungnya untuk berenang karena ombak yang sangat besar. Meski begitu, hal ini tak menyurutkan jumlah wisatawan yang terpincut dengan pemandangan indah nan haru yang didapatkan di Pantai Klayar. Biasanya, wisatawan menyusuri karang-karang demi menemukan Mollusca dan bintang laut Echinodermata.

Tampak pula warga sekitar memanjat pohon kelapa untuk mendapatkan air deresan yang menjadi bahan baku pembuatan gula jawa, yang akhirnya disuguhkan sendiri pada para wisatawan yang menikmatinya sembari memandang alam.

Terdapat beberapa spot wisata di Pantai Klayar yang wajib dicoba, di antaranya Seruling Samudera, Pasir Pantai Putih, Bukit Pandang, dan Tebing Air Mancur. Semuanya dapat dinikmati asal tetap berhati-hati.

Untuk mengunjungi Pantai Klayar dan menikmati segala spotnya, terdapat 2 alternatif jalan yang bisa ditempuh. Pertama, dari Jawa Timur dan Yogyakarta, ke Wonosari, lalu Wonogiri. Kedua, cuma menempuh 3-4 jam dengan naik mobil pribadi atau sewa.

Lebih rinci, jarak Pantai Klayar sekitar 110 km dari pusat Kota Yogyakarta. Anda perlu melalui Wonosari dan menuju ke Pracimantoro. Kemudian, menuju Giritontro. 

Dari jawa Timur, Anda hanya perlu menuju Punung dan menemukan Desa Kalak. Setelahnya, carilah papan petunjuk bertuliskan “Pantai Klayar”.

Meski sebagian besar telah diaspal dengan baik, Anda bisa menghadapi jalan yang cukup menantang, sempit, rusak, tikungan tajam, dan rute berbukit di beberapa bagian. 

Dengan perjalanan penuh kesan, tak perlu menyesal karena pemandangan Pantai Klayar dapat dinikmati dengan puas dan harga murah. Pasalnya, biaya masuknya hanya Rp5.000 di hari kerja, Rp7.000 di akhir pekan, serta Rp10.000 di hari libur nasional atau tanggal merah.

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung