Menu


Rute Lengkap dan Biaya ke Gunung Semeru dari Surabaya

Rute Lengkap dan Biaya ke Gunung Semeru dari Surabaya

Kredit Foto: Pixabay/Ady_Fauzan

Konten Jatim, Jakarta -

Siapa yang tak mengenal Gunung Semeru? Terlebih, para penjelajah yang gemar mendaki gunung. Seperti yang diketahui, Gunung Semeru ialah gunung berapi yang terletak di Provinsi Jawa Timur, tepatnya di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang

Adapun, menurut Jurnal Geosains dan Remote Sensing, Anesta, A. F., Fatman, A.F., & Sugandi, M. (2020:1, 64-70), ketinggiannya mencapai 3.676 mdpl, menjadikannya gunung tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi ketiga di Indonesia, setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

Salah satu keindahannya yang memikat ialah Danau Ranu Kumbolo yang sukses memincut petualang ataupun penikmat alam begitu tiba di Gunung Semeru. Namun, sebelumnya, tentu saja kita harus lebih dulu tahu rute untuk tiba di Gunung Semeru terlebih dahulu. 

Jika datang dari Surabaya, kita perlu menggunakan kereta api sebagai alat transportasi umum yang mengantarkan ke Stasiun malang. Ada Stasiun pasar Turi dan Stasiun Gubeng yang menyediakan rute Surabaya-Malang untuk menuju Gunung Bromo. Biasanya, tarif kereta api relatif sesuai kelas, mulai dari Rp20.000, dan menempuh perjalanan sekitar 2 jam lebih.

Setelah tiba di Malang, naiklah angkot TA (Tumpang-Arjosari) ke Pasar Tumpang. Kita dapat menyewa mobil jeep menuju basecamp Desa Ranu Pane setelah sampai di Pasar Tumpang. Biayanya mencapai Rp650.000 per 12 orang alias Rp54.000 per orang. Ada juga opsi lain berupa ojek motor dengan tarif Rp100.000-Rp150.000 per orang.

Setelah sampai, masuk Gunung Semeru dengan tarif mulai dari Rp19.000 saat hari kerja bagi pengunjung dalam negeri. Sedangkan turis mancanegara akan dikenakan tarif Rp210.000 per orang di hari kerja. Jangan lupa mendaftar terlebih dahulu secara online dengan laman bookingsemeru.bromotenggersemeru.org.

Jika perlu menginap, akan dikenakan tarif basecamp Desa Ranu pane sekitar Rp20.000.

Itulah informasi rute ke Gunung Semeru dan estimasi biayanya, agar perjalanan penuh persiapan. Tetap selalu berhati-hati saat mengunjungi destinasi wisata.

Khazanah Islam: Menuntut Ilmu adalah Bagian dari Ibadah, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad