Menu


10 Destinasi Wisata Religi Islami Jawa Timur yang Diincar Wisatawan

10 Destinasi Wisata Religi Islami Jawa Timur yang Diincar Wisatawan

Kredit Foto: Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya

Konten Jatim, Jakarta -

Biasanya, wisata religi Islami identik dengan hari-hari Islam untuk dibanjiri wisatawan. Namun, bukan berarti destinasi wisata religi kosong melompong saat hari biasa. Meski pengunjungnya naik drastis saat hari keagamaan, wisata religi juga layak dikunjungi di hari lain, khususnya saat ingin beribadah.

Dikutip dari GoTravelly, situs penyedia layanan travel, sekiranya ada 10 destinasi wisata religi Islami yang jadi incaran para wisatawan. Berikut ulasan tentang 10 destinasi tersebut:

Baca Juga: Daftar Menteri Agama dari Masa ke Masa: Total 27 Menteri Sejak 1946

1. Makam Sunan Ampel

Makam Sunan Ampel ialah destinasi wisata religi paling banyak dicari netizen menurut pantauan Konten Jatim, Rabu (4/1/2023). Berlokasi di Surabaya, Jawa Timur, wisata religi makam Sunan Ampel ini sangat dekat dengan kampung Arab dan berada di area pecinan. Menyaksikan dua budaya di satu area saat mengunjungi makam Sunan Ampel akan memberikan nuansa yang berbeda saat berwisata.

2. Makam Sunan Drajat

Di kawasan Lamongan, Sunan Drajat dikenal sebagai tokoh yang mengajarkan dan membantu menyebarkan agama Islam. Sepanjang hidupnya, beliau mengembangkan dan menyebarkan Islam sehingga sangat terkenal dan dihormati. Makamnya berada di Lamongan, Jawa Timur, dan dilengkapi dengan Museum Sunan Drajat yang dibuat khusus untuk mengenang.

3. Makam Sunan Giri

Lokasi makam Sunan Giri ialah di daerah perbukitan, kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur. Selama hidup Sunan Giri, masyarakat setempat juga sangat menghormatinya, bahkan menjadikan makamnya sebagai wisata religi yang banyak dikunjungi. Di sana, pengunjung juga bisa mengunjungi makam kerabat Sunan Giri.

4. Makam Sunan Bonang

Salah satu dari sekian wisata religi yang wajib dikunjungi ialah makam Sunan Bonang. Lokasinya berada di sebelah alun-allun Kota Tuban, Jawa Timur. Pengunjung makam bisa beribadah di Masjid Sunan Bonang saat berkunjung ke sana. Seselesainya, bisa pula bersantai di alun-alun kota dan menikmati jajanan khas yang dijajakan.

Baca Juga: 4 Fakta Buntut Kasus Penculikan Anak di Jakpus: Pelaku Sayang, Korban Punya Luka

5. Makam KH Abdurrahman Wahid

Siapa yang tak mengenal KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur? Mantan Presiden RI yang banyak dicintai masyarakat Indonesia ini dimakamkan di Jawa TImur, tepatnya Jombang, tempat kelahirannya. Makamnya berada di kawasan pengembangan Pondok Pesantren Tebu Ireng. Uniknya, hampir semua makam di makam Gus Dur tak memiliki nama, tetapi makam Gus Dur akan tampak berbeda karena hiasan bunga di atas pusaranya.

Khazanah Islam: Apakah Boleh Memakan Hadyu Setelah Dikurbankan? Ini Penjelasannya

Tampilkan Semua Halaman