Menu


Sejarah Hari Ini: Lahirnya Martha Christina Tiahahu, Pahlawan Wanita Pembela Tanah Maluku

Sejarah Hari Ini: Lahirnya Martha Christina Tiahahu, Pahlawan Wanita Pembela Tanah Maluku

Kredit Foto: Republika/Indonesia Tourism

Konten Jatim, Depok -

Tanggal 4 Januari merupakan hari kelahiran Pahlawan Nasional asal Maluku, Martha Christina Tiahahu. Di usianya yang ke-17, dirinya sudah berjuang untuk mengusir penjajah Belanda dari tanah kelahirannya di Abubu, Maluku Tengah.

Dilansir dari sejumlah situs berbeda pada Rabu (4/1/2023), Martha Christina Tiahahu lahir pada 4 Januari 1800. Dirinya merupakan putri dari Paulus Tiahahu, yang juga merupakan salah satu pembela tanah Maluku.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Merokok dalam Agama Islam? Begini Penjelasan Zakir Naik

Martha Christina Tiahahu yang kehilangan ibundanya tidak lama setelah dirinya lahir, kerap mengikuti sang ayah kemanapun dirinya pergi. Dan memasuki usia remaja, Martha Christina Tiahahu menyadari adanya potensi bahaya yang disebabkan dari penjajah Belanda.

Di usianya yang ke-17, dirinya mulai mengikuti sosok Pahlawan Kemerdekaan Indonesia lainnya, Thomas Matulessy alias Kapitan Pattimura untuk memerangi pasukan Belanda. Perang antara Suku Maluku melawan tentara Belanda dikenal dengan istilah Perang Pattimura.

Baca Juga: Kenapa Umat Muslim Perlu Memiliki Sifat Qanaah? Simak Manfaatnya

Perang Pattimura yang terjadi tahun 1817 ini menghadirkan sosok Martha Christina Tiahahu yang kerap turun menumpas tentara Belanda dengan metode gerilya. Usianya yang muda juga tidak membuat nyalinya ciut ketika berhadapan baik dengan Belanda maupun masyarakat sesama suku. 

Khazanah Islam: Menuntut Ilmu adalah Bagian dari Ibadah, Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Tampilkan Semua Halaman