Menu


Profil Mahfud MD, Politikus Yang Sebut Malaikat Jadi Iblis Jika Masuk Pemerintahan

Profil Mahfud MD, Politikus Yang Sebut Malaikat Jadi Iblis Jika Masuk Pemerintahan

Kredit Foto: Instagram/Mahfud MD

Konten Jatim, Depok -

Mohammad Mahfud Mahmodin atau lebih dikenal dengan sapaan Mahfud MD adalah sosok yang tidak lagi asing dalam dunia perpolitikan Indonesia. Pria yang sekarang menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) ini pernah menjabat sejumlah posisi penting di tatanan pemerintahan. 

Mahfud MD, yang merupakan pria asli Sampang, Pulau Madura, memulai karir politiknya kala bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 1998 silam. Setelahnya, dirinya menjabat sejumlah posisi penting di masa kepresidenan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. 

Baca Juga: Pembangunan Masjid Al Jabbar Tembus 1 Triliun, Kenapa Sangat Mahal?

Melansir situs resmi Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (6/1/2023), Mahfud MD sempat dilantik menjadi Menteri Pertahanan (Menhan) terhitung sejak Agustus 2000 sampai Juli 2001. Lalu, Mahfud MD berganti jabatan menjadi Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia selama beberapa saat pada 2001.

Selepas jabatannya sebagai menteri, Mahfud MD sempat menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mulai dari 2004 sampai 2008. Mahfud MD diketahui menjabat di beberapa komisi berbeda sebelum akhirnya menjabat menjadi Ketua Badan Legislatif. 

Baca Juga: Suka Lihat Langit? Ini 6 Fenomena Astronomi Langit Indonesia di Januari 2023

Pada Agustus 2008, Mahfud MD diangkat menjadi Ketua MK. Pria yang lahir pada 13 Mei 1957 ini menjabat sampai April 2013. Di tahun Mahfud MD menjabat sebagai Ketua MK, dirinya keluar dari PKB dan belum diusung Partai Politik (Parpol) lain hingga artikel ini dipublikasikan. 

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman