Menu


Profil Adian Napitupulu, Politikus Mantan Aktivis Yang Pernah Cekcok dengan Luhut

Profil Adian Napitupulu, Politikus Mantan Aktivis Yang Pernah Cekcok dengan Luhut

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Depok -

Adian Yunus Yusak Napitupulu atau lebih dikenal dengan nama Adian Napitupulu merupakan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang namanya sudah cukup senior dan cukup dikenal masyarakat dalam dunia perpolitikan Indonesia. 

Menghimpun informasi dari situs resmi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan beberapa sumber lainnya pada Senin (9/1/2023), Adian Napitupulu diketahui merupakan salah satu mantan aktivis yang memotori reformasi 1998. Dirinya bergerak ketika berkuliah di Fakultas Hukum (FH) Universitas Kristen Indonesia (UKI). 

Baca Juga: Keutamaan Sholat Tahajud Dan Kenapa Umat Muslim Perlu Melakukannya

Saat itu, pria yang lahir pada 9 Januari 1971 ini masih tergabung ke dalam Senat FH UKI pada 1994. Adian Napitupulu juga diketahui merupakan pendiri Forum Kota atau sering disingkat menjadi FORKOT, yakni forum yang aktif bergerak untuk menentang tindakan represif dari TNI dan Polri pasca lengsernya Soeharto. 

Diketahui Adian Napitupulu lulus dari UKI pada 2007 silam. Setelahnya, dirinya sempat menjadi konsultan hukum sampai tahun 2008. Adian Napitupulu pada akhirnya bergabung dengan PDIP di tahun 2009, dan mencoba mendaftarkan diri sebagai Calon Legislatif (Caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun tersebut. 

Baca Juga: Bagaimana Hukum Merokok dalam Agama Islam? Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Namun, saat itu Adian Napitupulu belum berhasil masuk ke jajaran DPR. Barulah pada 2014, dirinya berhasil terpilih menjadi Anggota DPR setelah mendapatkan suara cukup dalam pemilihan di Kabupaten Bogor. Dan pada Pemilu 2019, Adian Napitupulu kembali naik sebagai Anggota DPR. 

Khazanah Islam: Cak Nun: Karma Itu Sunnatullah, Bentuknya Bisa Beragam dan Tak Bisa Dihitung

Tampilkan Semua Halaman